Mengenal Fitur Let’s Encrypt Pada Hosting

By | Januari 16, 2020
Mengenal Let's Encrypt Pada Cpanel Hosting

Webhostingindo.com – Mengenal Fitur Lets Encrypt Pada Hosting, ada baiknya kita membaca apa itu  Certificate authority (CA) adalah suatu badan yang secara kriptografi menandai sertifikat TLS/SSL untuk menandakan bahwa sertifikat tersebut otentik. Browser dan sistem operasi memiliki daftar CA terpercaya untuk melakukan verifikasi sertifikat suatu situs.

Baca Juga : Web Hosting Unlimited NVMe SSD & LiteSpeed Power Full

Kami merekomendasikan kebanyakan orang dengan akses shell untuk menggunakan Klien ACME, Certbot. Dia dapat mengotomatisasi penerbitan sertifikat dan memasangnya tanpa downtime.

Certbot juga memiliki mode expert untuk orang-orang yang tidak mau menggunakan konfigurasi otomatis. Mudah digunakan, bekerja pada banyak sistem operasi, dan memiliki dokumentasi yang bagus. Kunjungi situs Certbot untuk melihat instruksi kostumisasi untuk sistem operasi dan web server anda.

Sampai beberapa tahun terakhir, sebagian besar CA adalah layanan yang bekerja secara komersil yang meminta uang untuk melakukan verifikasi dan penandaan sertifikat. Let’s Encrypt membuat proses ini menjadi gratis bagi pengguna dengan mengotomatiskan prosedurnya. Ia mengandalkan dana dari sponsorship dan donasi sebagai sumber penghidupan infrastruktur mereka.

Baca Juga : Mengenal Fitur Jet Back Up Di Cpanel

Sedangkan Let’s Encrypt adalah sebuah otoritas penyedia sertifikat otomasi dan terbuka yang menggunakan protokol ACME (Automatic Certificate Management Environment ) untuk memberikan layanan free TLS/SSL certificates kepada klien yang sesuai. Sertifikat-sertifikat ini dapat dipakai untuk meng-encrypt komunikasi antara server web dengan pengguna. Ada banyak jenis klien yang tersedia yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman dan integrasi dengan berbagai tool, service, dan server.

Klien ACME paling populer adalah, Certbot yang kini dikembangkan oleh the Electronic Frontier Foundation. Untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain dan membaca sertifikat, Certbot dalam secara otomatis mengatur TLS/SSL di server web baik itu Apache maupun Nginx.

Tutorial ini akan membahas tentang otoritas penyedia sertifikat dan bagaimana Let’s Encrypt bekerja lalu mereviu klien ACME yang populer.

Cara Let’s Encrypt Bekerja

Protokol ACME milik Let’s Encrypt mendefinisikan bagaimana klien berkomunikasi dengan server untuk meminta sertifikat, melakukan verifikasi kepemilikan domain, dan mengunduh sertifikatnya. Ia sedang dalam proses untuk masuk menjadi standar IETF.

Let’s Encrypt menawarkan sertifikat domain-validated, artinya mereka perlu memeriksa bahwa permintaan sertifikat datang dari orang yang memang memiliki domain tersebut. Mereka melakukan hal ini dengan memberikan sebuah token unik kemudian membuat sebuah sebuah request web atau DNS untuk mengambil sebuah key dari token tadi.

Contoh, dengan teknik HTTP challenge, klien akan mengambil sebuah key dari token lalu menyimpan filenya di server web. Server Let’s Encrypt kemudian akan mengambil file tadi di http://example.com/.well-known/acme-challenge/token. Jika key ini benar, maka klien diasumsikan memang memiliki domain example.com, lalu server akan menandai dan memberikan sebuah sertifikat.

Protokol ACME memberikan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuktikan kepemilikan domain. HTTPS challenge mirip dengan yang di atas, kecuali ia tidak menggunakan file teks. Klien akan menetapkan sebuah sertifikat yang self-signed dengan sebuah key di dalamnya. Sedangkan DNS challenge akan melihat key di dalam record DNS TXT.

Sebelum Instalasi Let’s Encrypt di Cpanel

Sebelum Anda melakukan Proses Instalasi harap dicek dulu, apakah domain Anda telah terpointing dengan hostingnya, karena jika masih tahap propagasi, kemungkinan besar proses instalasli akan gagal, hingga proses Propagasi telah sempurna, biasanya proses propagasi memakan waktu minimal 1×24 jam dan maksimal 2×24 jam

Cara Install Let’s Encrypt di Cpanel

Pertama tama silahkan login ke akun cpanel Anda dan arahkan ke tab Security, disana Anda akan menemukan menu Let’s Encrypt. dan klik Lihat Gambar :

Cara Instal Lets Encrypt

Cara Instal Lets Encrypt

Kemudaian Anda akan diarahkan kehalaman instalasi Lets Encrpt, Untuk tampilan bisa anda lihat pada gambar dibawah ini :

Sebelum Di Instal Lets Encrypt

Sebelum Di Instal Lets Encrypt

Lalu Klik Issue, dan tunggu beberapa saat hingga tampilan berubah seperti gambar dibawah ini :

Setelah Di Instal Lets Encrypt

Setelah Di Instal Lets Encrypt

Dan Proses Instalasi Lets Encrypt telah selesai, sekarang Anda tinggal mendseign website sesuai kebutuhannya, selamat mencoba ! Jika Anda mengalami kesulitan Anda dapat membuat tiket pada akun hosting Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *